Lebih Enak Mana Swasta atau BUMN


Yang dibahas di sini di luar PNS dan pegawai pemerintah lainnya (seperti BI, KPK, LPS, OJK, dll). Soalnya mereka beda sendiri dan kebanyakan seluruh rakyat bisa mengetahui dengan mudah. Kalau bicara masalah bekerja (di luar wirausahawan ya) setiap lulusan, biasanya sarjana, dipusingkan dengan masalah yang lebih rumit daripada hanya sekedar skripsi yaitu mau kerja apa gue. Bagi sebagian orang memilih pekerjaan yang sesuai dengan diri sendiri memang sangat tidak mudah. Biasanya muncul dilema mau bekerja sesuai jurusan atau apa saja yang penting bisa kerja. Tapi percayalah, pekerjaan yang sesuai jurusan disertai minat dan bakat akan lebih menyenangkan.

Ada salah satu persoalan yang bagi para lulusan sarjana ketika ingin bekerja di suatu perusahaan, lebih baik kerja di perusahaan swasta atau BUMN sebenarnya? Tetep sih susah milihnya, apalagi harus disesuaikan dengan kepribadian. Masalah utama sebenarnya adalah kita tidak bisa menyatakan mana yang lebih baik jika tidak mencoba semua kemungkinan pilihan. Nah, kalau mau mencoba semua pilihan juga gak gampang. Kalau kerja pindah-pindah terus kan gak enak. Misal udah di BUMN terus pindah nyoba di swasta (biar nyoba kemungkinan yang lain), eh ternyata hasilnya BUMN lebih enak (mau pindah lagi agak susah), belum lagi swasta ada banyak, masa iya dicobain satu-satu

Gambarannya kira-kira adalah begini. BUMN merupakan perusahaan yang sahamnya mayoritas dimiliki oleh pemerintah. Secara lingkungan lebih mirip di pemerintahan (read: PNS). Birokrasi sangat kental di perusahaan BUMN. Gak heran kalau banyak BUMN terlihat bergerak lebih lambat dalam melakukan inovasi atau ekspansi. Dengan lingkungan birokrasi seperti ini jelas membuat lingkungan menjadi Indonesia banget, sangat nyaman. Banyak yang bilang posisi kalau sudah masuk BUMN itu aman, susah dipecatnya. Udah gitu dengan profit yang menjadi tujuan dari suatu perusahaan, membuat gaji pegawai BUMN lebih dari PNS (laba tinggi, bonus tinggi). Dengan posisi yang aman dan gaji yang mumpuni membuat banyak lulusan yang sangat berminat masuk BUMN. Hal ini membuat semakin sulitnya masuk ke perusahaan BUMN. Perlu effort yang cukup besar untuk masuk BUMN.

Lain halnya dengan swasta. Dengan tuntutan harus meraih profit setinggi-tingginya dan merebut pasar yang luas, apalagi pasar banyakk dikuasai BUMN yang jelas dukungan modal sangat tinggi, tentu membuat lingkungan swasta sangat berbeda dengan pemerintahan/BUMN. Hal ini yang banyak dihindari pekerja, banyak yang sangat tidak suka denga pressure tinggi. Dengan effort kerja yang tinggi belum tentu menghasilkan gaji yang tinggi, karena prestasi kerja sangat dilihat di swasta. Namun, jika kita menunjukkan prestasi yang baik, hasil yang didapat akan sangat memuaskan. Simpelnya birokrasi di swasta membuat segala proses di swasta pun lebih cepat termasuk dalam kenaikan level dan jabatan karyawan. Hal inilah yang banyak diincar para peminat swasta, kenaikan jabatan yang jauh lebih cepat sehingga peningkatan penghasilan pun jadi jauh lebih cepat.

Bagaimana pun pemilihan swasta atau BUMN harus disesuaikan dengan kepribadian masing-masing. Jangan sampai salah pilih. Karena akan sangat berpengaruh dalam proses penggalian potensi dalam pribadi. Jika memang tidak bisa dalam kondisi tekanan tingkat tinggi sebaiknya memang berada di lingkungan BUMN. Tapi, jika memang bisa berada dalam tekanan yang tinggi lebih baik berada di lingkungan swasta, karena akan lebih optimal, mengingat swasta sangat memperhatikan prestasi kinerja karyawan. Setiap pilihan pasti ada kelebihan dan kekurangan. Kita tidak bisa menentukan mana yang terbaik, karena semua pilihan adalah yang terbaik bila dikerjakan dengan baik. Bila menginginkan kondisi sempurna yaitu harus memilih pilihan yang berbeda di waktu yang sama (gak mungkin lah).

Tentunya semua hal tersebut merupakan hal yang gue lihat dalam satu dekade terakhir, selama proses gue pencarian lapangan pekerjaan. Bisa saja hal ini tidak terjadi dalam masa yang akan datang atau pun di luar negeri sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s