Masih Menarikkah Menabung di Bank?


Seorang ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Depok, Jawa Barat, tidak habis pikir. Nilai tabungannya yang sekitar Rp 4 juta sudah dua bulan ini terus merosot saldonya. Padahal, ia menabungkan uangnya di bank semata-mata untuk mendapatkan bunga sehingga uangnya beranak-pinak. “Kalau begini caranya, mending uangnya saya simpan di celengan atau di bawah bantal,” kata ibu tiga anak ini menggerutu.Sebuah kisah yang juga menjadi persoalan banyak orang yang punya tabungan bernilai kecil, katakanlah di bawah Rp 5 juta. Banyak orang awam sulit memahami mengapa nilai tabungan mereka terus tergerus. Yang mereka tahu, jika menabung, uang akan bertambah karena berbunga. Pemahaman ini terpatri sejak masa sekolah dasar saat diajarkan untuk menabung.
Saat ini, jangan pernah berharap duit membukit jika hanya punya tabungan tak lebih dari Rp 5 juta.

Ambil contoh BCA, bank yang memiliki jumlah penabung paling banyak di Indonesia. Untuk tabungan Tahapan Silver, BCA mengenakan biaya administrasi Rp 10.000 per bulan. Adapun suku bunga untuk tabungan bersaldo Rp 1 juta-Rp 10 juta sebesar 2 persen per tahun. Dengan asumsi nilai tabungan awal Rp 5 juta dan tidak pernah ditambah selama setahun, nasabah akan mendapat bunga Rp 100.000 per tahun. Setelah dipotong pajak 20 persen, pendapatan nasabah tinggal Rp 80.000. Padahal, biaya administrasi yang harus dibayar selama setahun mencapai Rp 120.000. Alhasil, dana berkurang Rp 40.000 dalam setahun. Penabung kian cepat kehilangan uangnya jika nilai tabungan di bawah Rp 1 juta. Sebab bunganya nol persen. Penabung tidak akan tergerus uangnya jika saldonya minimal Rp 6 juta. Pada level itu, biaya administrasi dan bunga mencapai titik keseimbangan.

Menabung merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Menabung di Bank adalah pilihan sangat tepat untuk masa depan. Akan tetapi dalam memilih Bank kita perlu mengetahui terlebih dahulu keuntungan yang diperoleh jika kita menabung pada Bank tersebut.
Bagaimana atau apa syarat untuk menjadi nasabah BCA dan apa keuntungan yang didapat setelah menjadi nasabah BCA.
Ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika Kita menjadi nasabah BCA. Jika Kita menabung di Tahapan BCA, maka Kita secara otomatis akan mendapatkan fasilitas ATM BCA, Debit BCA, Tunai BCA (ambil uang tunai di merchant berlogo Tunai BCA sehabis belanja dengan Debit BCA), internet banking BCA, phone banking dan mobile banking secara gratis.
Tidak hanya itu saja, dengan menabung di Tahapan BCA maka Kita juga bisa berkesempatan untuk meraih hadiah-hadiah undian yang secara rutin dilakukan BCA. Selain itu, sebagai apresiasi kami kepada nasabah, kami juga secara rutin mengadakan program undian belanja berhadiah di kota-kota tertentu ataupun di mal-mal tertentu bagi pemegang kartu Debit BCA ataupun BCA Card.
Dengan kartu ATM BCA yang ada, Kita bisa pakai untuk membayar berbagai tagihan seperti kartu kredit, telepon, ponsel, listrik, pendidikan, dan lain-lain. Tidak itu saja, dengan kartu ATM BCA, Kita bisa beli pulsa isi ulang ataupun transfer antar rekening BCA melalui ATM BCA. Jika Kita bepergian keluar negeri, maka kartu ATM BCA Kita bisa dipakai untuk mengambil uang tunai di ATM berlogo Cirrus atau juga bisa dipakai belanja di tempat-tempat berlogo Maestro diseluruh dunia.
Manfaat lainnya, buku Tahapan BCA sebagai bukti tabungan dapat berfungsi sebagai catatan transaksi rekening Kita pribadi dan bisa dipakai untuk melakukan transaksi penarikan dan penyetoran di hampir 800 kantor cabang BCA di seluruh Indonesia, bunga tabungan yang dihitung berdasarkan saldo rata-rata bulanan, fasilitas rekening gabungan (joint account), fasilitas auto-debet, fasilitas transfer secara otomatis, dan juga bisa dijadikan sebagai jaminan kredit. Semua itu bisa Kita dapatkan jika Kita menabung di Tahapan BCA. Kemudahan di atas semua diberikan untuk kenyamanan nasabah. Semoga fasilitas-fasilitas yang ada dapat menjadi pertimbangan Kita untuk menabung di Tahapan BCA.

Perbankan umumnya menerapkan bunga rendah untuk tabungan. Bank Mandiri, bank terbesar di Indonesia, bahkan hanya memberikan bunga 1,75 persen untuk tabungan bernilai Rp 1 juta-Rp 5 juta. Kian tinggi nilai tabungan, bunga akan semakin besar, namun biasanya tak lebih dari 4 persen per tahun. Bank tentu merasa berhak memungut biaya administrasi. Alasannya, mereka harus membangun dan memelihara jaringan seperti ATM, yakni fasilitas untuk para penabung. Bank juga harus membangun infrastruktur teknologi informasi untuk mengelola dan menjaga rekening nasabah tetap aman. Bank merasa pantas memberi bunga kecil atas tabungan dengan alasan tabungan dapat ditarik setiap saat sehingga bank tidak begitu leluasa menggunakan dana tabungan untuk disalurkan sebagai kredit. Berbeda dengan deposito yang dipatok jangka waktunya sehingga bank mudah mengelolanya.

Bahkan, menurut para bankir, sebenarnya tabungan sudah merupakan jasa yang harus dibeli nasabah. Dengan menabung, nasabah memiliki banyak keuntungan, seperti keamanan dan kemudahan bertransaksi, karena tidak harus membawa uang tunai ke mana-mana.

Di negara maju seperti Jepang hal inilah yang terjadi. Tabungan dipahami bukan lagi tempat menggandakan uang, tetapi hanya sekadar cadangan uang tunai mengantisipasi keperluan transaksi segera atau mendadak. Untuk investasi, dana biasanya ditaruh dalam deposito atau produk pasar modal. Namun faktanya, perbankan juga kerap memanfaatkan pengetahuan para penabung Indonesia yang umumnya masih awam. Bank tidak pernah menjelaskan kepada nasabah. Misalnya, jika saldonya di bawah Rp 5 juta, dana nasabah tidak akan pernah bertambah.

Tabungan amat berarti bagi perbankan. Sebab, tabungan merupakan dana murah. Bandingkan dengan deposito yang bunganya bisa mencapai 12 persen per tahun. Semakin besar porsi tabungan dalam struktur dana pihak ketiga, maka makin besar pula margin keuntungan bank. Kasarnya, dengan memberi bunga tabungan hanya 3 persen, bank bisa menjualnya sebagai kredit dengan bunga 14 persen.

Untuk Indonesia yang masyarakatnya belum bankable, bank seyogianya memberikan perhatian kepada penabung kecil. Saat ini ada 82 juta rekening bank di Indonesia, atau baru 35 persen dari total penduduk. Masyarakat perlu didorong menabung.
Namun, jika masyarakat kecil tahu uang tabungan mereka akan berkurang, kemungkinan mereka tak akan menabung di bank. Kalau sudah begini sia-sia saja program Ayo ke Bank yang dicanangkan Bank Indonesia. Fenomena ini memang menarik untuk dikomentari..:)

30 thoughts on “Masih Menarikkah Menabung di Bank?

  1. nice info

  2. seumur hidup nabung di bca kaga ada namnya hadiah

  3. Dgn kalkulasi,estimasi serta testimoni yg sgt luar biasa meyakinken datas.kami sbg nasabah slh satu bank dgn saldo sedikit yg mmpunyai asumsi kumpulin duit dbank biar mjd byk,brti hlg sdh hrpn kami utk itu.kalo begini caranya.kami beserta uang kami yg sedikit itu.brti hrs sgr cabut dgn sikontoleransi mcm ni.krn stlh baca artikel datas dpikir.dpikir.n dpikir lbh baek kami simpan ja dcelengan dr bambu yg notabene kalo ga dbongkar duit ga akan bkurang..thanks gan infonya.salam succes

  4. mindset yang mesti dirubah, bank bukan tempat menggandakan uang, tapi tempat mengamankan uang

  5. Iya nih, menabung di BCA besar administrasi per bulannya, 12ribu. Kemarin ini juga dipotong pajak apa kurang tau.hadeeeh

  6. nice info..

  7. sippp, jadi tambah informasi, thanx boz

  8. sama2, semoga bermanfaat

  9. sama2, semoga bermanfaat

  10. ya jangan yang platinum kartu paspor BCAnya
    hehhe

  11. betul mas, karena antara bunga dan potongan tidak sebanding
    alias bunga < potongan, kecuali yang model deposito
    uang aman dan sepertinya uang bertambah

  12. sebenarnya bank itu bukan tempat menabung, tapi mengamankan duit
    karena bunga < potongan bulanan dll
    heheheh
    *menurut saya

  13. @noor h: setuju tuh, bank hanya tempat mengamankan uang bukan membungakan uang.

  14. thank bos buat info ny .hhehe

  15. Yg miskin tbh miskin yg kaya tbh kaya.

  16. memang begitu. kalo mau nabung di bank harus saldonya besar. nabung di bank itu tujuan utamanya bukan untuk mendapat bunga, tapi untuk keamanan. kalo uang sedikit, ya benar, taro di bawah bantal saja, jangan di bank. kalo tidak, bank mau untung apa? kalo bunga besar-besar sedangkan saldo cuman sedikit, itu namanya bank yg merugi, mending tutup aj bank nya.

  17. Saya Setuju, Karena waktu SD Bentuk Tabungan BCA Tabanas itu Pertamakali ada mobil keliling… “MENABUNG UNTUNG” Program Pemerintah Waktu itu..
    Tapi Saat ini JANGAN LUPAKAN INFLASI Kira 7%/th
    JELAS BUNGA BANK TIDAK BISA MENGIMBANGI INFLASI

    SAAI INI SAYA MENABUNG DI AMOS-Menyediakan SISTEM SETORAN ANDA BISA GRATIS DALAM 5 BULAN.

    SILAHKAN kunjungi WEBNYA http://www.amos-indo.com
    SEMOGA BERMANFAAT SEBAGAI SOLUSI TABUNGAN PENSIUN KITA. SUKSES SELALU !!

  18. Assala mu’allakum
    Saya mw tnya ne..,
    klo nabung di bank bca, tapi nabungnya macet tuh gmna, berkurang gG uangnya?

  19. ya jelas otomatis berkurang, karena iap bulan ada biaya administrasi
    besarnya tergantung jenis ATMnya, begitu. . .

  20. ya begitulah, sampai tiap bank mengeluarkan tabungan khusus anak
    cuma itu hanya bertahan sebentar

  21. betul itu, bank hanya buat mengamankan saja
    kalau mau bunga ya buat usaha saja

  22. Persyaratan apa saja untuk bisa bergabung membuka rek.BCA…?

  23. Bank sebagai “penyimpan” dana yang dijamin keamanannya.. kalau mau menggandakan, mesti buat usaha (setuju dgn mas ifan)

  24. yps, depositolah
    tapi itukan jangka panjang, sedangkan kebutuhan kitakan sehari2 lebih besar uga yang keluar

  25. gampang
    cukup KTP dan dana 500 ribu saja. . .
    hehehe

  26. bisa juga mencari bank yang tidak memiliki biaya administrasi bulanan, sekarang sudah bank bank yang tidak ada biaya administrasi bulanan ambil contoh bank CIMB Niaga yang tidak ada biaya administrasi bulanan dan tetap mendapatkan bunga.

  27. Permisi ane mau promosi aj lwat link di atas…terima kasih

  28. betul tuch,aku nabung dibank tambah ludes
    terus aku tutup rekening kena 5rb+uang dirkening g’bsa dambil 20rb

  29. menabung dibank dengan uang minim sih pernah galan\min…..ya dipotong ..moga aja kalau nabung dapet hadiah yang bikin semangat kita nambah nabung …? jangan bank menjadikan lahan bisnis untuk orang penghasilan minim

  30. mending nabung di BPR aja gan. disitu udah dapet bunga 5% per tahun tanpa biaya administrasi. tapi yah tidak ada layanan ATM nya. ada beberapa BPR besar yang sdh punya ATM sendiri. jadi tabungan aman, bunga aman, klo mau narik diATM kan jd keseringan. tp klo diBPR, nnt btul2 butuh,baru prgi narik dana nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s